Rabu, 20 November 2013

MEDIA COMMUNICATION : TODAY AND TOMORROW

Kuliah ke sepuluh Mata Kuliah Kapita Selekta ( 14 November 2013)

Media Communication : Today and Tomorrow oleh Bapak Kukuh Sanyoto

Kita dapat melihat media komunikasi yang sekarang ini, dipenuhi dengan teknologi untuk berkomunikasi dengan cepat, tak peduli dengan jarak dan waktu. Dibandingkan dengan puluhan tahun lalu, dimana media massa konvensional masih menjadi urat nadi dalam memperoleh informasi serta media komunikasi seperti telepon kabel atau pun surat-menyurat yang bisa dikatakan tidak mendapat feedback secara langsung.

Sumber : http://www.brandignity.com/wp-content/uploads/2012/10/old-communication.jpg


Namun, apakah kita bisa memprediksi, media komunikasi yang seperti apa yang akan muncul di masa depan? Bisa memprediksi, namun belum tentu terjadi. Tapi yang pasti, The future of communication is the future of human evolution.

Peralihan dari zaman Pertanian ke zaman Industri, membutuhkan puluhan tahun. Sedangkan, zaman Industri ke zaman Informasi, membutuhkan tidak sampai 10 tahun. Peralihan zaman Informasi ke zaman berikutnya semakin cepat, tidak menutup kemungkinan hanya butuh 1 - 2 tahun untuk berubah.

Tapi, komunikasi sekarang ini ternyata mengalami dekonstruksi komunikasi. Semakin banyak media untuk berkomunikasi, semakin mengaburkan esensi berkomunikasi walaupun memudahkan kita.

Sumber : http://www.blurrt.co.uk/blog/wp-content/uploads/2013/08/social-media-communication-linchi-kwok-blog.jpg

Untuk memudahkan kita berkomunikasi, salah satunya adalah sosial media. Ini merupakan hasil kreatif, namun tidak semua orang dilahirkan dengan kemampuan kreatif yang tinggi. Mereka melihat masalah sebagi peluang, melihat X sebagai Y. Chance is oppotunity, change as continuity.

Sumber : http://edudemic.com/wp-content/uploads/2012/11/social-media-students.png

Media sosial ini membuat peralihan menjadi consumer focused dari media owner focused. Konsumen atau pengguna media sosial menjadi medianya sendiri, menentukan topik yang akan dibicarakan di media sosial. Content is King yaitu media massa yang menentukan isi acara. Sekarang sudah beralih ke Context is King yaitu memunculkan sesuai keinginan. Maka, media massa pun tidak bisa menghentikan media sosial. Inilah yang menjadi media komunikasi sekarang dan masa depan. Kita tidak tahu apakah tren media komunikasi baru akan muncul di masa depan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar